MEKANISME PENEBUSAN BBM KE PERTAMINA

Leave a Comment
Mekanisme transaksi pembelian ke Pertamina adalah sebagai berikut :
  1. Hal yang pertama dimiliki SPBU adalah nomor pelanggan yang terdiri atas sold to dan ship to yang keduanya berisikan nama pemilik SPBU dan kode-kode yang telah ditentukan oleh Pertamina. Sold to menunjukan nomor NPWP pemilik SPBU dan ship to menunjukan alamat daripada SPBU tersebut.
  2. Pihak SPBU melakukan pemesanan produk kepada pertamina umumnya 4 (empat) produk yaitu Solar, Premium, Pertamax, pertamax plus. Setiap pemesanan tiap item harus berkelipatan delapan dikarenakan truk tangki yang mengangkut BBM tersebut bervolume 8 ribu  kilo liter. Pemesanan tersebut dilakukan di bank dengan mengisi formulir aplikasi standar yang khusus disediakan oleh bank untuk kegiatan pemesanan produk-produk dari pertamina.
  3. Setelah pemesanan, pihak SPBU melakukan pembayaran. Pembayaran dilakukan melalui transfer di bank, dapat dilakukan dengan tunai maupun transfer. Pembayaran meliputi harga pokok pembelian, PPN, PPh Pasal 22, dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) yang tertera dalam invoice. Dari pembayaran tersebut, bank akan mengeluarkan ship order (SO) sebagai bukti telah dilakukan pembayaran atas pemesanan produk pertamina.
  4. Selanjutnya, pihak pertamina layanan jual akan mengeluarkan DO (Delivery Order) yang nantinya diserahkan dahulu pada pihak Patra. Patra adalah anak perusahaan pertamina yang merupakan distributor antara pertamina dan SPBU. Pihak patra tersebut nantinya akan mengeluarkan surat jalan yang akan dibawa oleh mobil pengangkut pada waktu pengiriman barang.
  5. Pihak pertamina memiliki sistem pengiriman barang ke pihak SPBU satu hari setelah dilakukan pembayaran. Setelah dilakukan pembayaran, maka keesokan paginya akan dilakukan pengiriman BBM dengan membawa surat jalan sampai ketujuan sesuai dengan alamat yang tertera pada kolom ship to yang terdapat pada dokumen invoice. Harga pemesanan tersebut berlaku pada saat penyerahan, misalkan pembayaran telah dilakukan hari ini juga dan barang akan dikirim keesokan harinya tetapi keesokan harinya harga BBM mengalami kenaikan harga, maka pihak SPBU harus membayar lagi atas kenaikan harga tersebut pada saat pengiriman.

0 komentar:

Posting Komentar